Jumat, 16 Maret 2018

.

                                                                     
                                                                            Tugas 1
                                                                   Senin,12 Maret 2018

                                                                                                                                                                                                               Nama         : TAUFIK HIDAYAT
                                                                      Nim          : E1B117065
                                                                Alamat Email : taufikhidayat011102@gmail.com
                                                                 Alamat Blog  : taufikhidayat15.blogspot.com                                                                          No.Hp        : 082339285105




     Sebelumnya kita akan membahas tentang Perkembangan sebenarnya apa si perkembangan itu ?;Perkembang atau bisa di sebut dengan development adalah perubahan yang dialami individu yang menuju kematangan baik yang bisa dilihat secara kasat mata maupun yang tidak bisa di lihat langsung. Ada beberapa pengertian perkembangan menurut para ahli antara lain:
Menurut Akhmad Sudrajat, perkembangan adalah perubahan yang sistematis,progresif dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayat termasuk dengan perubahan-perubahan yang didalam individu menuju tingkat kedewasaan atau kematanganya.
Menurut dictionary of psychology dan the penguin dictionary of psychology, perkembangan adalah tahap-tahap perubahan yang progresif dan terjadi dalam rentang kehidupan manusia dan organisme lain tanpa membedakan aspek-aspek yang terdapat dalam diri organisme-organisme tersebut.
Menurut Dr. Siti Aminah Soepalarto, perkembanga adalah suatu proses yang berlangsung sejak lahir dan sesudahnya, dimana badan, otak, tingkah lakunya pada usia dini, anak-anak, dan dewasa menjadi lebih kompleks dan berlanjut dengan kematangan sepanjang hidup.
        Selanjutnya kita akan masuk di pembahasan selanjutnya yaitu Perkembangan Peserta Didik,  adalah struktur dari pengkajian dan peranan psikologis perkembangan secara khusus mempelajari aspek-aspek perkembangan individu yang berada pada tahap usia sekolah dan sekolah menengah-menengah. Sebagai individu yang tengah tumbuh dan berkembang, peserta didik memerlukan bimbingan dan pengarahan yang baik menuju ke arah yang kongkrit.
Menurut Sinolungan (1997), Peserta didik dalam arti luas adalah setiap orang yang terkait dengan prosedur pendidikan sepanjang hayat, sedangkan peserta didik dalam arti sempit adalah setiap siswa yang belajar di sekolah.
Departemen pendidikan nasional(2003), menegaskan bahwa peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui jalur, jenjang dan jenis pendidikan.

Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik:
 a. Factor Internal
     * Kondisi Fisik merupakan factor biologis individu yang merujuk pada factor genetik yang diturunkan oleh kedua orang tuanya.
     * Kondisi Psikis, kondisi fisik dan psikis individu sangat berkaitan, Ranah perkembang individu menyangkut aspek fisik, intelektual yang kognitif dan bahasa, emosi dan sosial moral.
 b. Factor Eksternal
     * Lingkungan Fisik yaitu mencakup kondisi keamanan, cuaca, dan keadaan geografis,senitasi atau kebersihan liingkungan, serta keadaan rumah yang meliputi, ventilasi, cahaya dan kepadatan hunian.       * Lingkungan Non fisik meliputi berbagai macam komponen,, yaitu keluarga, pendidikan dan masyarakat.
       Dapat saya menyimpulkan bahwa peserta didik adalah individu yang hidup di lingkungan masyarakat yang masih memerlukan orang lain untuk mengarahkannya dalam konteks ini perlu yang namanya pendidkan untuk mengarahkan nya kepada kesempurnaan dan kematangan dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar